Simbol Gerakan Relawan Jokowi, Kaesang Kenakan Kemeja Kotak-Kotak saat Kunjungi Yogyakarta

Kaesang Pangarep kenakan baju kotak-kotak saat kunjungi Yogyakarta. (Foto: Istimewa)
Kaesang Pangarep kenakan baju kotak-kotak saat kunjungi Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep terlihat menggunakan kemeja kotak-kotak saat mengunjungi bursa kerja (job fair) yang diselenggarakan partainya di Yogyakarta, Sabtu (27/1/2024).


Kemeja kotak-kotak sendiri pernah menjadi sarana untuk menghimpun kekuatan relawan Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 silam.

Bahkan, ketika Kaesang dilantik menjadi Ketua Umum PSI, dirinya pernah menegaskan jika kemeja kotak-kotak merupakan simbol lahirnya gerakan relawan dalam peta politik Indonesia

"Untuk relawan Pak Jokowi, pasti ingat kan dengan pakaian saya ini. Pakaian yang menjadi simbol banyak hal, simbol lahirnya gerakan relawan dalam peta politik Indonesia, simbol antar kelas sosial, sederhana tapi menyatukan, penuh warna tanda riang gembira," ujar Kaesang, Senin (25/9/2023) lalu. 

Tak hanya di situ saja, Kaesang juga menggunakan kemeja kotak-kotak saat mengunjungi Rumah Juang Relawan Jokowi dan PSI di Jakarta, Selasa (9/1/2024). Dalam pertemuan itu, Kaesang meminta seluruh relawan memenangkan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran.

Dalam banyak kesempatan anak bungsu dari Presiden Jokowi ini kerap berinterkasi dengan para pemuda tak terkecuali dalam acara busra kerja kali ini. 

"Selamat cari kerja, semoga bisa mendapatkan pekerjaan yang nyaman, aman dan bisa membantu keluarga, semuanya," katanya.

Kaesang berharap job fair yang diselenggarakan oleh partainya tersebut dapat membantu para generasi muda untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.