Kenakan Sarung, Kaesang Pede Sapa dan Minta Warga Tuban Coblos Mulut Gibran

Tampil sarungan ala santri, Kaesang minta warga Tuban Coblos mulut Gibran. (Foto: Istimewa)
Tampil sarungan ala santri, Kaesang minta warga Tuban Coblos mulut Gibran. (Foto: Istimewa)

Dengan menggunakan sweter berwarna pink dan sarung bermotif Gatot Kaca, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyapa warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, pada Jumat (9/2/2024).


Layaknya seorang Santri, penampilan Kaesang dengan gaya sarungan sukses menarik perhatian masyarakt di daerah yang berjuluk Kota Wali tersebut. 

Sarung sendiri merupakan warisan budaya masyarakat Indonesia yang telah ada sejak abad ke-14. Kain khas nusantara ini memiliki makna yang mendalam bagi kehidupan. 

Desain sarung yang tidak memiliki kantong, mempunyai makna jauh dari keserakahan. Sarung juga tidak memiliki kancing dan resleting yang berarti seorang manusia semestinya bersikap fleksibel dan tidak kaku dalam bergaul. 

Gulungan kain di perut memberi pesan agar seseorang tidak sibuk memikirkan urusan perutnya sendiri atau duniawi, serta memiliki tanggungjawab untuk bersilaturahmi antar sesama manusia.

Kini sarung telah menjadi bagian dari fasyen sehari-hari masyarakat. Tak hanya di kalangan santri, bahkan banyak orang yang mengenakan sarung di segala situasi dan kondisi, salah satunya yang dilakukan Kaesang saat kampanye.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo ini mengajak masyarakat untuk memilih PSI dan pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 14 Februari 2024 mendatang.

Dirinya berjanji, jika PSI lolos ke DPR RI, maka yang pertama akan diperjuangkan adalah mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Perampasan Aset. 

"Alhamdullilah Tuban sangat baik, semoga bisa memenangkan PSI dan Prabowo-Gibran. Saya mengajak untuk mencoblos mulutnya mas Gibran. Jika PSI lolos ke Senayan, maka yang pertama akan meloloskan RUU Perampasan Aset," ungkapnya.

Kaesang juga berpesan untuk kepada seluruh relawan dan simpatisan PSI untuk bekerja maksimal agar dapat memenangkan Prabowo-Gibran dalam sekali putaran.

Dalam kesempatan itu, Kaesang juga membagikan kaus bergambar Gibran yang bertuliskan "Pecinta Sayur Indonesia" ke masyarakat yang hadir.

"Mulutnya Mas Gibran ya yang dicoblos," pungkasnya.