Kedatangan Pedangdut Ibu Kota, Ratusan UMKM PPU Kebanjiran Omzet


Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendorong pengembangan pergerakan ekonomi di wilayah setempat dengan mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tidak tanggung-tanggung, untuk meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM, Pemkab PPU bahkan menghelat pentas seni dan mendatangkan artis-artis ibu kota.

Digelar di alun-alun Kantor Bupati PPU, pentas seni itu diikuti sebanyak 200 lebih pelaku UMKM dari 4 kecamatan. Dengan menghadirkan pedangdut Benigno, Erie Suzan dan Salma Majid, festival itu berlangsung meriah dan sukses menyedot animo masyarakat yang menantikan hiburan para artis beken tanah air, Sabtu (02/12/2023).

“Alhamdulillah, pelaku usaha kecil dan menengah sangat terbantu dengan adanya acara ini. Pokoknya top lah Pemerintah Kabupaten PPU dan Pak Bupatinya joss,” kata Rudin salah satu pelaku UMKM sembari mengangkat dua jempol untuk Bupati PPU.

Seperti kejatuhan durian runtuh, Rudin berhasil meraup omzet dua kali lipat dari hari biasa. “Kalau ada festival biasa, saya bisa menghasilkan Rp 1 juta. Tapi karena ada artis malam ini, omzet saya naik sekitar Rp 2 juta lebih,” imbuhnya.

Tidak hanya Rudin, Eril pedagang kentang ulir dan sosis bakar asal Kelurahan Petung juga mendapat keuntungan berlipat-lipat. Menurutnya pentas seni dengan artis-artis ibu kota berhasil menarik kunjungan dan meningkatkan daya beli masyarakat. dalam satu malam, Eril berhasil mengumpulkan Rp 3 juta. Padahal di hari biasa, dia hanya bisa mendapatkan paling besar Rp 1 juta saja.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sudah menghidupkan kembali UMKM di PPU, kalau bisa jangan hanya sekali seminggu, 3 kali seminggu lah," sebutnya.

Melonjaknya animo masyarakat pada acara tersebut karena kehadiran artis-artis dangdut ibu kota. Sejak meledaknya wabah covid 19 di tahun 2019 hingga 2023 lalu, PPU dirasa sepi lantaran jarang dihibur artis-artis dari Jakarta.

Pada festival pentas seni kali ini, masyarakat seperti mendapat vitamin penghilang dahaga hiburan akbar. "Luar biasa malam ini kami merasa terhibur, apalagi ada tiga artis dangdut yang didatangkan dari ibu kota, terima kasih buat pemerintah dan Penjabat Bupati PPU sudah memberikan kami hiburan," kata Udin, warga Kecamatan Penajam. (YN)