Intip Sepatu Lokal yang Digunakan Kaesang Saat Kampanye di NTT

Ketua Umum PSI menggunakan sepatu brand lokal saat berkampanye di NTT. (Foto: PSI)
Ketua Umum PSI menggunakan sepatu brand lokal saat berkampanye di NTT. (Foto: PSI)

Anak muda di Tanah Air saat ini tak canggung lagi memakai sepatu brand-brand lokal untuk kegiatan sehari hari. Salah satunya, Ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat melakukan kampanye di Lapangan Lasitarda Lasiana, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (31/1/2024).


Di hadapan ribuan kadernya, Kaesang saat itu terlihat menggunakan sepatu sneaker dengan brand lokal   yaitu Kenky, dengan spesifikasi Kenky Sabotage Kitadake stok nomor 62-65-138. Untuk harganya sendiri, sepatu tersebut dibanderol dengan harga sekitar Rp578.900 di platform jual beli online.  

Sepatu digunakan Kaesang merupakan hasil kolaborasi antara Kenky dengan Mr. Sabotage atau Mark Ong seorang costum maker sepatu asal Singapura. Produk ini pertama kali dirilis pada event Urban Sneaker Society (USS) Networks, yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada awal November 2023 lalu. 

Tak hanya dengan Mark Ong, Kanky ternyata pernah melakukan kolaborasi dengan beberapa nama seperti koreografer kelas dunia seperti Eko Supriyanto yang akrab disapa Eko Pece. Kemudian dengan Bryan Notodihardjo, dan kolaborasi-kolaborasi lainnya.

Kenky pada awalnya dibangun pada 2019 oleh Alvonsus Ivan di Bandung, Jawa Barat hingga akhirnya dapat mendirikan pabrik di Surabaya, Jawa Timur. Sepatu ini memiliki simbol ikonik huruf O dan V yang diambil dari nama kedua anaknya yakni Olga Felicia dan Violanita. 

Selain itu, Huruf O dan V juga memilki arti sebagai doa dan harapan.ahirnya Kanky, semua masyarakat bisa memakainya. Selain itu hadirnya sepatu Kanky menjadi harapan besar terhadap perkembangan sepatu lokal di Tanah Air.

Dengan hadirnya Kenky membuktikan secara desain dan kualitas, produk lokal mampu bersaing dengan brand-brand terkenal dari luar negeri. Maka dari itu, tak salah jika Kaesang memilih Kenky Sabotage Kitadake untuk menjadikanya alas kaki yang setia menemainya berkampanye keliling Indonesia.